Pengertian Usaha dan Kewirausahaan

1. Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI), pengertian wiraswasta sama juga dengan wiraswasta, yakni orang yang pintar atau memiliki bakat mengetahui product baru, memastikan langkah produksi baru, membuat operasi untuk pengadaan product baru, memasarkannya, dan mengatur mengatur permodalan operasinya.

2. Wiraswasta yaitu aktor paling utama dalam pembangunan ekonomi serta peranannya untuk lakukan inovasi atau bebrapa gabungan yang baru untuk satu inovasi.

3. Wiraswasta, yakni lakukan satu sistem yang dimaksud creative destruction (pengerusakan yang kreatif) untuk hasilkan satu nilai lebih (added value) manfaat hasilkan nilai yang lebih tinggi, hingga the core of entrepreneurial skill is creativity (inti dari keterampilan wiraswasta yaitu kreatifitas).

4. Wiraswasta yaitu orang yang berani mengupayakan satu pekerjaan baik untuk sendiri maupun untuk orang yang lain.

5. Menurut Richard Cantillon (1755), entrepreneurial is an innovator and perorangan developing something unique and new (wiraswasta yaitu seseorang penemu serta individu yang membuat suatu hal yang unik serta baru).

6. Menurut J. B Say (1803), wiraswasta yaitu entrepreneur yang dapat mengelola sumber-sumber daya yang dipunyai dengan ekonomis (dampakif serta efektif) serta tingkat produktivitas yang rendah jadi lebih tinggi.

7. Menurut Serta Stein serta John F. Burgess (1993 : 35), wiraswasta yaitu orang yang mengelola, mengorganisasikan, serta berani memikul semua resiko untuk membuat kesempatan usaha serta usaha baru.

8. Menurut Schumpeter (dalam Bygrave, 1996), wiraswasta yaitu seseorang yang peroleh kesempatan serta membuat oragnisasi untuk menguber kesempatan itu.

9. Menurut Mas’ud Machfoedz serta Mahmud Machfoedz (2004), wiraswasta yaitu seseorang inovator yang dapat merubah peluang jadi satu inspirasi yang dapat di jual, bisa memberi nilai lebih lewat usaha, saat, cost, dan kecakapan dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Lalu apa Karakteristik Kewirausahaan

Dari pengertian diatas bisa diambil kesimpulan kalau wiraswasta yaitu seorang yang berani berupaya dengan mandiri dengan mengerahkan semua sumber daya serta usaha mencakup kepandaian mengetahui product baru, memastikan langkah produksi baru, membuat operasi untuk pengadaan product baru, memasarkannya, dan mengatur permodalan operasinya untuk hasilkan suatu hal yang bernilai lebih tinggi.


Leave a Reply